Tema Rustic – Pernikahan dengan tema rustic kini menjadi sangat populer di kalangan anak mudah milenial yang ingin melangsungkan pernikahan hemat budget. Tema ini mampu memberikan kesan nyaman nan unik. Jika tidak ingin melaksanakan pernikahan tradisional yang begitu memakan banyak budget dan juga waktu, tema ini bisa menjadi pilihannya.

Apa itu pernikahan bertemakan rustic? Tema ini bukanlah tema yang baru saja muncul tetapi sudah ada sejak lama. Uniknya adalah tema ini bisa digunakan kapan saja alias tidak pernah ketinggalan jaman. Suasana alami di sebuah taman atau kebun menjadi fitur utama yang ditonjolkan.

Perlu diingat juga bahwa tema pernikahan rustic berbeda dengan tema vintage. Padahal keduanya sangat berbeda. Ketika pernikahan rustic berfokus pada elemen-elemen natural dan outdoor, tema vintage mengedepankan inspirasi dari kesan lama atau yang telah berlalu.

Tema vintage pada sebuah pernikahan seringkali memberikan kesan antik gaya Victorian. Contohnya saja pada dekorasi vas bunga, pada pernikahan bertema rustic ada vas bekas yang berisi bunga-bunga liar. Sedangkan pada tema vintage vas bunga antik dengan taplak meja berenda. Satu-satunya hal yang sama dari keduanya adalah sifat simpel dan alaminya.

Mengapa Tema Rustic Bisa Irit Budget Pernikahan?

tema pernikahan rustic

Ciri khas dari pernikahan rustic adalah sederhana namun mampu menciptakan suasana yang hangat dan akrab. Tamu undangan yang diundangkan bukan ribuan hanya sekitar puluhan hingga seratus atau dua ratus orang.

Hal inilah yang menjadi salah satu tema pernikahan rustic hemat budget. Jika ingin membuat pernikahan bersama dengan kerabat dekat, cobalah untuk memilih tema ini.

Alasan lainnya mengapa tema rustic bisa lebih murah bisa dilihat dari karakteristiknya. Walaupun murah namun tidak mengurangi kegembiraan yang diberikan, bahkan bisa dikatakan sempurna.

Tentunya semua pasangan ingin mendapatkan acara terbaik di hari pernikahan mereka. Berikut ini karakteristik dari pernikahan rustic yang membuatnya menjadi lebih unik tetapi low budget.

1. Tidak Menggunakan Bunga Mahal yang Harganya Jutaan

Bunga selalu menjadi dekorasi wajib dalam pernikahan diletakkan di atas meja, dinding hingga menjadi gerbang masuk ke tempat pernikahan. Pada pernikahan rustic, bunga yang digunakan lebih murah. Bukan bunga lily, anggrek, hingga tulip yang mahal harganya. Bunga liar yang murah justru dipergunakan karena akan memberikan kesan alami.

Bunga-bunga yang dipilih seperti bunga wild rose, hydrangea atau aster. Tampilan warnanya memang tidak mencolok seperti bunga yang mahal, tapi justru itu tujuannya. Supaya venue tidak tampak berlebihan karena perlu kombinasi warna pastel.

2. Memanfaatkan Banyak Barang Bekas

Budget tinggi dalam pernikahan biasanya terdapat pada konsumsi dan juga dekorasi. Jika konsumsi tidak dapat dikurangi, maka dengan dekorasi rustic kamu bisa menguranginya. Kebanyakan dekorasi justru memanfaatkan barang bekas sehingga tema tampak lebih kuat. Barang bekas justru mampu memberikan kesan seni rustic yang menarik.

Misalnya sebuah ember besi bekas yang dijadikan pot bunga di beberapa sudut venue. Bisa juga menggunakan box palet kayu bekas untuk pot bunga di pintu masuk. Lilin yang diletakkan di dalam botol kaca bekas juga menarik jika pernikahan dilaksanakan malam hari.

Baca Juga  10 Tips Memilih Vendor Pernikahan Jakarta Terbaik

3. DIY dari Kayu atau Kertas

Kayu menjadi material utama yang mendominasi dalam dekorasi rustic. Pembuatannya pun sangat bervariasi. Jenis kayu yang digunakan bisa kayu bekas seperti jati belanda atau pinus yang murah harganya.

Kayu tersebut bisa disusun menjadi dekorasi atau meja rustic dengan finishing hanya plitur saja. Cukup dengan finishing untuk memberikan kesan tua, tampilan kayu akan berubah.

Selain kayu, dekorasi juga hanya membutuhkan kertas. Jenis kertas yang digunakan adalah kertas daur ulang yang juga tidak mahal. Kamu bisa memanfaatkan kertas tersebut untuk dekorasi atau tempat cinderamata hingga undangan yang unik.

4. Dekorasi Kain dengan Warna Pastel

Kain seringkali juga dimanfaatkan dekorasi ruangan baik itu pada dinding atau langit-langit. Uniknya adalah pada tema rustic, warna-warna kain yang digunakan lebih pucat atau mengarah pada warna pastel. Jumlah kain yang digunakan pun sedikit karena fungsinya hanya sebagai pemanis di ruangan terbuka.

Berbeda sekali dengan pernikahan mahal yang membutuhkan dekorasi kain dalam jumlah banyak bahkan untuk menutup seluruh ruangan dengan warna-warna terang dan mencolok. Dengan jumlah kain yang sedikit sebagai pemanis, kamu tak perlu merogoh kocek tinggi untuk dekorasi kain ini.

Bagaimana Merencanakan Tema Pernikahan Rustic?

Bagaimana Merencanakan Tema Pernikahan Rustic

Jika sudah mantap untuk memilih tema pernikahan dengan desain rustic, maka kamu harus mulai merencanakannya. Walaupun sederhana dan hemat budget, penting untuk merancang berapa jumlah biaya yang dibutuhkan. Saat ini sudah banyak wedding organizer yang memiliki paket untuk pernikahan rustic dengan harga sangat murah.

Kira-kira apa saja yang perlu kamu rencanakan sejak awal supaya di hari bahagia nanti acara berjalan sempurna? Ikuti rancangannya berikut ini.

A. Pemilihan Venue Pernikahan

Membicarakan soal tempat pernikahan yang sering dilakukan di Indonesia selama ini pasti gedung, restoran atau ball hotel sering menjadi pilihan.

Tapi menyewa tempat-tempat tersebut pasti sudah habis puluhan juta, jadi bagaimana jika kamu justru menyewa garden resto dengan harga yang lebih miring?

Jika bingung memilih venue pernikahan dengan tema rustic, berikut ini yang bisa menjadi pilihannya.

1. Hutan Pinus

area terbuka dimana suasana yang segar dan asri bisa dirasakan ketika kamu hendak mengucapkan janji pernikahan pastinya terasa lebih sakral. Beberapa hutan pinus kini bukan hanya dibuka untuk prewedding, tetapi juga acara pernikahan. Biayanya pun lebih murah.

2. Hotel dengan Taman

Menyewa ballroom hotel memang mahal, tapi kamu bisa menyewa garden hotel. Venue ini cukup lengkap bahkan beberapa ada yang memiliki kolam renang dan cocok untuk pesta pernikahan di malam hari.

3. Garden Resto

kini sudah banyak restoran dengan nuansa taman yang menyediakan tempat untuk pernikahan. Beberapa memiliki tema unik seperti taman dengan rumah kaca, taman dengan kolam hingga taman buah. Menarik untuk dicoba.

B. Pemilihan Dekorasi Pernikahan Rustic

dekorasi rustic

Setelah memilih tempat saatnya menentukan dekorasi pernikahan rustic. Ada begitu banyak cara yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:

* Warna netral, tetap pergunakan warna-warna netral atau pastel dan klasik. Warna seperti beige, hijau, atau coklat kayu akan memberikan kesan alami.

* Kursi, pilih kursi tamu seperti bangku panjang atau kursi cafe dari rotan dengan warna-warna alaminya.

* Dekorasi atap, jika melakukan pernikahan di dalam ruangan maka tambahkan dekorasi atap dengan tanaman gantung untuk memberikan kesan taman yang lebih kuat.

* Penerangan, memanfaatkan pencahayaan dari lilin dalam lampion kaca yang diletakkan di atas tanah.

* Botol kaca gantung akan menambah kuat kesan rustic. Pilih botol bekas berwarna-warni.

Baca Juga  Cerdas, Ini 7 Tips Menghemat Budget Pernikahan

D. Buket Bunga Pernikahan

Pilihan bunga seringkali membingungkan, tapi karena biaya buket ini tidak terlalu mahal dan banyak bunga liar, tinggal seperti apakah rangkaian yang dibutuhkan. Seperti apa rangkaian yang menarik? Berikut ini hal yang perlu diperhatikan.

* Pilih loose bouquet karena kesan tidak rapi dalam sebuah buket bunga akan memberikan kesan alami dan rustic.

* Pilihan bunga rustic yang cocok adalah bunga kapas, eucalyptus, dan tambahkan wild rose untuk meningkatkan tone warnanya.

* Ikat bunga dengan tali atau bungkus dengan kertas bekas berwarna coklat.

E. Kue Pernikahan Tema Rustic

Tak lupa juga tentukan wedding cake yang menarik dengan tema rustic. Ukuran kue pernikahan biasanya tidak terlalu besar karena hanya digunakan sebagai simbol sekaligus dekorasi di atas meja. Berikut beberapa pilihan kue rustic yang menarik.

* Kue dengan hiasan bunga, buah hingga tanaman yang unik.

* Naked cake yang justru tidak memiliki banyak hiasan dan tampak pucat juga cocok.

* Cake yang tidak lebih dari tiga tingkat paling banyak adalah yang tepat memberikan kesan simpel.

* Jika tidak suka dengan satu cake berukuran sedang, bisa diganti dengan kumpulan cupcake yang dihias.

F. Kartu Undangan Pernikahan

Memperkuat tema rustic, berikan juga tema yang sama pada kartu undangan. Desain yang simpel akan memberitahukan bahwa itu adalah tema yang akan digunakan pada pesta nantinya. Sehingga tamu undangan pun bisa menyesuaikan dresscode yang tepat nantinya.

Warna kartu undangan harus tetap dijaga kesan netralnya dengan tekstur kayu. Memberikan elemen alami pada kartu seperti tali burlap atau menambahkan gambar ilustrasi tanaman atau buah pun cukup menarik.

Tertarik untuk mendesain tema pernikahan rustic? Ada banyak yang harus dipersiapkan tapi yang pasti low budget dan apabila Anda membutuhkan wedding organizer berpengalaman maka Anda dapat memilih Antalogi.com, semoga bermanfaat.

Apa Anda Perlu Bantuan?