Susunan Acara Resepsi Pernikahan di Gedung – Masih bingung menentukan susunan acara resepsi pernikahan mu? Ditambah kamu juga melakukan pesta pernikahan di gedung yang dibatasi dengan waktu.

Pernikahan memang merupakan momen sakral dan mendebarkan. Tak jarang para calon pengantin merasa khawatir dengan susunan acara penyelenggaraan pesta pernikahannya. Pada umumnya, ada dua prosesi pernikahan, yaitu akad pernikahan dan acara resepsi.

Agar kedua prosesi itu berjalan lancar, pastikan kamu merundingkan terkait susunan acara mu bersama vendor wedding organizer. Untuk menambah informasi, ada susunan acara yang biasanya dilakukan oleh para pengantin.

Susunan Acara Pernikahan di Gedung Pada Umumnya

Susunan Acara Pernikahan di Gedung Pada Umumnya

1. Pembukaan

Pembukaan akan dilaksanakan dan dipandu oleh pembawa acara dengan mengawali pembacaan basmalah dan doa agar acara pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

2. pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Setelah pembukaan, akan ada acara pembacaan ayat suci Al-qur’an. Pada umumnya kedua pihak mempelai sudah mempersiapkan pelantun ayat suci Al-Qur’an yang indah nan merdu. Sehingga acara berlangsung lebih khidmat.

Baca Juga  4 Tips Merencanakan Paket Pernikahan Murah dan Berkualitas

3. Khutbah Nikah

Khutbah nikah disampaikan dengan tujuan memberi bekal kepada kedua mempelai yang akan menghadapi kehidupan rumah tangga. Disampaikan juga pesan agar kedua mempelai dapat mempertahankan keutuhan pernikahan.

Biasanya khutbah nikah disampaikan langsung oleh pihak KUA atau penghulu.

4. Prosesi Ijab Qabul

Momen mendebarkan yang ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai yakni ijab qabul. Acara inti ini dilakukan dengan ucapan orang tua atau wali dari pihak mempelai wanita yang menikahkan putrinya dengan sang mempelai pria.

Acara ini dipandu langsung oleh penghulu dan terdapat pula saksi yang menyaksikan. Setelah acara ini berjalan, maka kedua mempelai sudah sah menjadi sepasang suami istri.

5. Pembacaan Doa Nikah

Setelah prosesi penuh kekhidmatan berjalan secara lancar, maka akan dipanjatkan doa nikah. Doa biasanya dibacakan oleh penghulu atau Pemangku agama yang dipersiapkan oleh keluarga mempelai.

7. Tanda Tangan Buku Nikah

Acara selanjutnya yakni penandatanganan dokumen pernikahan termasuk buku nikah. Setelah menandatangani dokumen tersebut maka keduanya telah sah di mata hukum sebagai pasangan suami istri.

8. Serah Terima Mahar

Setelah itu, mempelai pria akan menyerahkan mahar kepada mempelai wanita secara simbolis. Biasanya simbolis berupa nominal uang atau seperangkat alat sholat.

9. Penukaran Cincin

Prosesi tukar cincin akan dilakukan kedua mempelai. Mempelai pria akan menyematkan cincin di jari manis sang mempelai wanita begitu juga sebaliknya.

10. Nasihat Pernikahan

Pada momen ini akan disampaikan nasehat pernikahan tentang apa saja hak dan kewajiban dari seorang istri dan juga suami. Biasanya nasihat akan disampaikan oleh penghulu maupun pihak KUA.

11. Penutup

Setelah acara berjalan dengan lancar, jangan lupa tutup dengan pembacaan doa. Dengan mengucap syukur dan harapan kepada kedua mempelai.

Setelah akad pernikahan biasanya mempelai akan melangsungkan prosesi acara resepsi untuk para tamu undangan.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan 

Susunan Acara Resepsi Pernikahan 

1. Hiburan

Hiburan yang ditampilkan pada awal acara biasanya sesuai dengan budaya adat dari kedua mempelai. Namun tak jarang beberapa memilih untuk ditampilkan hiburan bersifat modern. Tergantung kepada keinginan kedua mempelai.

2. Pembukaan

Tentu acara mu akan dimulai dengan pembukaan. Dipandu oleh pembawa acara yang mewakilkan pengantin untuk mengucapkan terima kasih dan mengucap rasa syukur dengan prosesi akad yang berjalan sudah berjalan lancar.

3. Kirab Pengantin

MC akan menyambut kedua mempelai untuk memasuki lokasi resepsi pernikahan dan dipersilahkan duduk di kursi pelaminan. Kedua orang tua dari para mempelai juga akan mendampingi di kursi sebelah pengantin.

Baca Juga  4 Tips Merencanakan Paket Pernikahan Murah dan Berkualitas

4. Ucapan Selamat pada Mempelai

Selanjutnya para tamu undangan akan dipersilahkan untuk memberi ucapan selamat dan bersalaman dengan kedua mempelai di atas pelaminan.

Biasanya, pada momen ini, akan terdapat sesi foto bersama tamu undangan. Tetapi ada juga yang memisahkan sesi foto setelah proses ucapan selamat.

5 Tamu Dipersilahkan Menikmati Hidangan

Lalu, setelah memberi ucapan selamat kepada kedua mempelai, tamu akan dipersilahkan untuk menyantap menu hidangan yang disajikan.

6 Special Performance

Di momen ini, biasanya pengantin akan memberikan kejutan kepada para tamu undangan dengan special performance. Beberapa pengantin akan berdansa, menari, atau menyanyi untuk menghibur para tamu.

Ada beberapa pengantin yang mengisi momen ini dengan penampilan-penampilan spesial dari para tamu undangan. Kerabat dari kedua mempelai akan mempersembahkan penampilan seperti bernyanyi untuk pengantin.

7. Foto Bersama

Momen yang tidak boleh terlewatkan adalah sesi foto. Momen ini biasanya dilakukan sebelum tamu undangan pulang.

Selain foto bersama di pelaminan, sebagian pengantin biasanya menyiapkan photobooth untuk melengkapi momen ini. Foto akan lebih leluasa dan santai tetapi tetap dipandu oleh pembawa acara agar acara tidak overtime.

8. Penutup Acara

Setelah rangkaian demi rangkaian terlaksana dengan sempurna, pembawa acara akan menutup acara resepsi dengan mengucapkan rasa terima kasih kepada tamu undangan dan selamat serta doa kepada kedua mempelai.

5 Tips Pernikahan Aman di Masa Pandemi

Masa pandemi memang menjadi salah satu halangan dan tantangan terbesar bagi kedua mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Ada beberapa dari pasangan yang rela mengundurkan tanggal acara pernikahan karena pandemi.

Maka, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan di susunan acara pesta pernikahan mu pada masa pandemi.

1. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Hal mendasar yang wajib dilakukan semua pihak yakni tetap menjaga jarak dan memakai masker di dalam acara. Kedua mempelai juga harus memakai masker saat prosesi pernikahan berlangsung.

Banyak dari vendor pernikahan yang menyiapkan set gaun pernikahan lengkap dengan masker yang elegan.

2. Batasi Tamu Undangan

Pada masa pandemi kamu harus membatasi tamu undangan. Ini bisa menjadi pilihan tema pernikahan mu yang lebih intim dengan hanya mengundang keluarga dan kerabat terdekat.

Baca Juga  6 Vendor Catering Terbaik di Jakarta untuk Berbagai Acara

3. Ganti Buku Nikah dengan Scanner dan Amplop Virtual

Kamu bisa mengganti buku nikah dengan aplikasi scanner untuk tamu undangan. Selain mencegah penularan Covid-19, kamu juga akan mendapat kesan pernikahan yang kekinian dengan memanfaatkan teknologi.

Ganti juga kotak amplop dengan amplop virtual. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk mengganti sistem amplop pada umumnya.

4. Live Streaming

Apabila kamu tetap ingin mengundang teman-teman kamu untuk ikut serta di pesta kamu, kamu boleh memanfaatkan aplikasi video conference untuk mengumpulkan tamu undangan.

Mereka bisa lebih santai di rumah masing-masing dan tetap berbahagia dengan acaramu. Dengan itu kamu juga bisa meminta mereka untuk mengatakan satu dua patah kata untuk kamu dan pasanganmu.

Pada umumnya susunan acara pernikahan tidak berubah banyak. Hanya saja terdapat beberapa teknis yang berubah guna meminimalisir interaksi secara langsung.

Kamu juga bisa menggabungkan cara akad pernikahan dengan acara resepsi agar lebih efektif. Ucapan selamat dapat diubah dengan pidato dari perwakilan tamu undangan.

Makanan yang disajikan bukan lagi berupa prasmanan. Kamu bisa menggantinya dengan hidangan yang disediakan langsung di meja tamu. Untuk itu kamu bisa mempercayakan vendor catering pernikahan kepada Antalogi.com.

Antalogi.com akan menyajikan hidangan makanan yang pastinya steril dengan bahan-bahan yang segar. Sehingga, makanan terasa lezat dan juga sehat.

Di Antalogi.com juga menyediakan banyak pilihan menu. Harga yang diberikan juga cukup terjangkau. Kamu tidak perlu lagi bingung menentukan vendor catering pernikahan. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung menghubungi Kami di ya  Semoga bermanfaat.

Apa Anda Perlu Bantuan?