Menu Prasmanan Sederhana – Kamu perlu selektif dalam memilih makanan yang akan kamu sajikan. Pilihlah makanan-makanan yang menjadi favorit para tamu, sehingga tidak ada menu yang terbuang. Maka dari itu kamu harus selektif dalam memilih paket menu yang akan disajikan.

Menu prasmanan sendiri merupakan makanan yang disajikan di sebuah meja dengan berbagai jenis dan tampilan. Di meja tersebut biasanya sudah terdapat menu lengkap yang terdiri dari nasi, lauk pauk, sayuran, dan minuman.

Namun, yang menjadi kekhawatiran dari menu prasmanan yang disediakan oleh vendor catering adalah harganya. Banyak yang mengira bahwa dengan menggunakan vendor catering maka biaya yang dikeluarkan akan cukup besar.

Padahal, pihak vendor juga akan menyesuaikan menu paket dengan budget yang dimiliki oleh para customernya. Maka dari itu kamu bisa memilih paket menu prasmanan sederhana.

Perbedaan Menu Prasmanan Sederhana dan Prasmanan Premium

Perbedaan Menu Prasmanan Sederhana dan Prasmanan Premium

Menu prasmanan sederhana tentunya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan menu prasmanan premium.

Sesuai dengan namanya, prasmanan premium akan menggunakan kualitas-kualitas premium. Misalkan dari segi merk. Di sisi lain, menu prasmanan premium juga akan memberikan tunjangan lebih seperti kerupuk yang disediakan terpisah dengan piring kecil. Itu juga menjadi alasan mengapa harganya di atas menu prasmanan sederhana.

Biasanya menu yang disajikan di dalam menu prasmanan sederhana lebih memfokuskan pada makanan yang sekiranya sederhana dan pas di seluruh lidah tamu undangan.

Baca Juga  6 Vendor Catering Terbaik di Jakarta untuk Berbagai Acara

Walaupun pilihan menu lebih sedikit dibanding dengan menu prasmanan premium, menu sederhana ini tetap dibilang lengkap. Dari mulai menu utama hingga hidangan penutup tetap disajikan.

Keuntungan yang kamu dapatkan ketika memilih paket buffet sederhana antara lain:

· Harga yang bersahabat dan terjangkau

· Bisa menyesuaikan menu dengan selera tamu undangan

· Tetap memiliki cita rasa yang lezat

· Perhitungan jumlah porsi dan menu akan lebih praktis

Rekomendasi Daftar Menu Prasmanan Sederhana

Berikut beberapa rekomendasi pilihan menu untuk kamu yang sedang mencari menu makanan yang sederhana dan bisa menjadi favorit semua orang.

A. Menu Prasmanan Sederhana Pembuka

Pertama, menu makan besar yang memanjakan tamu undangan, diantaranya:

1. Menu Ayam

Menu andalan dari sebuah pesta satu ini bisa juga menjadi menu netral di acaramu. Selain kaya akan protein, ayam dan ikan juga bisa disajikan sekreatif mungkin.

Tetapi disarankan untuk tidak mengolah ayam dengan hanya digoreng. Kamu bisa memilih menu ayam fillet atau ayam yang dibumbui kecap atau lainnya.

2. Daging

Kamu juga boleh menyelipkan menu daging di prasmanan mu. Memang harga daging tidak semurah daging ayam atau ikan.

Tapi, kamu bisa menyiasatinya dengan memotong daging secara tipis dan bumbui daging serta lengkapi dengan tambahan lainnya seperti cabai dan bawang bombay.

Sehingga menu daging yang kamu sajikan terlihat banyak.

3. Menu Ikan

Disamping menu ayam, menu olahan ikan juga bisa menjadi menu alternatif menu prasmanan sederhana mu. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan gurame atau ikan kakap.

Kamu bisa memilih menu ikan yang digoreng dengan tepung dan dibumbui asam manis untuk mempermudah tamu undangan ketika memilih menu ikan.

Di sisi lain menu ikan bisa menjadi pilihan lain dari menu daging. Ikan cenderung lebih murah dibandingkan dengan daging sapi. Jadi kamu bisa memilih salah satunya untuk disajikan di menu prasmanan kamu.

4. Sate Taichan

Sate yang biasa disajikan di dalam pesta pernikahan adalah sate ayam yang dibumbui dengan saus kacang dan kecap.

Tetapi, apabila kamu bosan dengan menu tersebut, kamu bisa memilih olahan sate taichan. Selain tetap dengan harga yang pas dikantong, menu ini bisa membuat pesta mu terlihat kekinian.

Apalagi jika tamu undangan mu mayoritas terdiri dari kelompok millenial. Kamu wajib mencobanya.

5. Sup

Rekomendasi menu lain yang bisa menjadi teman makanan berat dan pastinya sehat.

Sajikan sup apapun di meja prasmanan mu. Kamu bisa memilih mulai dari sup ayam, sup ikan gurame, hingga sup daging. Jangan lupa lengkapi dengan sayur-sayuran segar.

Pilihan lain yang lebih mengirit budget, kamu bisa menyajikan sup bakso atau sosis. Utamakan sayur-sayuran yang mendominasi menu soup kamu.

6. Mie Goreng

Mie goreng merupakan menu universal yang selalu hadir di pesta pernikahan. Selain itu, menu mie goreng bisa menjadi makanan alternatif untuk para tamu yang tidak ingin makan nasi.

Cukup olah mie goreng dengan telur orak arik dan sayuran hijau. Kamu juga bisa melengkapinya dengan bakso, sosis, atau suwiran ayam.

Lengkapi menu utama dengan air mineral yang wajib kamu sajikan. Menu pelengkap lainnya seperti kerupuk dan sambal juga bisa kamu sajikan untuk melengkapi cita rasa dari menu makanan mu.

Biasanya, pihak vendor catering juga akan menyediakan buah-buahan di dalam paket prasmanan.

B. Menu Prasmanan Sederhana Penutup

Kedua, menu makanan penutup yang juga jadi pelengkap

1. Es Buah

Menu segar yang selalu bersahabat dengan lidah masyarakat. Menu dessert satu ini lebih ekonomis dibanding olahan salad buah atau es krim.

Potong-potong buah dan campurkan dengan es, susu kental manis, dan gula atau sirup ini bisa memanjakan tamu undangan mu.

Jika kamu merasa ingin lebih hemat, kamu bisa menyajikan buah-buahan dengan menu sate buah. Di sini kamu hanya perlu menusuk macam-macam jenis buah-buahan dengan tusuk sate.

Kamu bisa memastikan untuk memilih buah-buahan yang tetap menjaga kolesterol tamu undangan seperti pisang dan stroberi.

2. Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan makanan yang terbuat dari potongan tahu dengan kuah rasa asam, manis, dan pedas. Makanan khas Cirebon ini bisa menjadi pilihan makanan penutup yang unik bagi tamu undangan apalagi pecinta pedas.

Kamu juga akan tetap hemat karena bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak menguras kantong dan cenderung murah.

Menu tahu gejrot juga bisa menjadi alternatif dari menu bakso yang biasanya disajikan di pesta pernikahan. Karena harganya pun lebih irit daripada sajian menu bakso.

Baca Juga  Paket Pernikahan Murah Tapi Tidak Murahan, Yuk Pesan

3. Soto

Menu soto memiliki banyak jenisnya. Mulai dari soto mie bogor, soto betawi, coto makassar, dan banyak lagi.

Biasanya hidangan soto ini memang sangat menggugah lidah tamu undangan. Kamu bisa memilih jenis soto sesuai dengan khas daerah mu.

4. Jajanan Tradisional

Ragam jajanan tradisional yang masih eksis dan tidak kalah kekinian yang bisa kamu pilih seperti kue putu, lemper, dadar gulung, nagasari, kue bugis, serabi, lumpia, putri noong, dan masih banyak lagi.

Dijamin dengan menu ini, pesta pernikahanmu akan memunculkan aura kekeluargaan dan kehangatan. Harganya juga masih sangat murah dan tersedia di pasar tradisional.

Dengan menu-menu sederhana yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa memilih bahkan memodifikasi menu sesuai dengan tema acara mu.

Untuk mempermudahnya, kamu bisa berdiskusi dengan vendor catering mu agar makanan yang disajikan lebih efektif. Baik dari segi harga maupun porsi.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Catering di Antalogi?

Jasa Catering di Antalogi

1. Menghemat pengeluaran

Ya, memang dengan menggunakan jasa catering kamu akan menghemat budget mu. Karena, vendor catering lebih mengetahui tentang porsi-porsi makanan. Sehingga tidak ada perkara boros atau over dalam membeli bahan makanan

2. Menghemat dan mengefisienkan waktu

Tentu saja dengan menggunakan jasa catering, kamu akan lebih banyak menghemat waktu. Kamu bisa menggunakan waktumu untuk hal-hal lain. Apalagi jika kamu bekerja dan sulit mengatur waktu. Tetapi, kamu juga tetap harus meluangkan waktumu untuk melakukan test food ya!

3. Tersedia banyak paket

Selain tersedia banyak variasi makanan, vendor catering juga memiliki banyak paket. Penawarannya pun beragam. Kamu hanya perlu mendiskusikan dengan pasangan atau pihak keluarga terkait budget maksimal. Lalu, diskusikan juga bersama vendor mu agar kamu diberi rekomendasi paket sesuai dengan dana yang akan kamu keluarkan.

4. Tim yang sudah berpengalaman

Kamu tidak perlu khawatir rasa makanan atau service yang diberikan tidak sesuai dengan harapanmu. Vendor catering memiliki staf dan tim yang sudah berpengalaman di bidang nya.

Mereka juga memiliki tujuan dan prioritas untuk memuaskan pelanggannya.

5. Anggaran dana lebih terstruktur

Dengan menggunakan jasa vendor catering, biaya yang kamu keluarkan akan lebih pasti. Dengan mengetahui pasti harga prasmanan yang akan disajikan, akan membantu pengeluaran mu lebih tertata. Kamu bisa mengatur pengeluaran-pengeluaran lainnya tanpa takut adanya kekurangan pada biaya makanan.

Tips Memilih Vendor Catering Berkualitas

Tempat Catering Enak di Jakarta

Namun, jangan sampai kamu juga asal-asalan dalam memilih vendor catering. Kamu tetap harus memilih vendor catering dengan teliti dan selektif. Jangan hanya tergoda dengan harga murah tetapi justru service yang diberikan tidak memuaskan. Tips lainnya dalam memilih vendor catering yaitu:

1. Cari Rekomendasi

Kamu bisa mencari rekomendasi melalui internet, teman kantor, teman sekolah, saudara, keluarga besar, sampai tetangga.

Pastikan kamu tidak hanya memilih satu vendor. Pilih 3-4 vendor catering terbaik agar kamu bisa membandingkan dan mempertimbangkan.

2. Tentukan Tanggal dan Tempat Acara

Sebelum kamu menghubungi langsung pihak vendor catering yang sudah masuk daftar list kamu, sebaiknya kamu sudah menentukan tempat dan tanggal kapan acara mu akan diadakan. Jadi, kamu bisa menanyakan kepada pihak vendor apakah mereka bersedia untuk membantu di waktu tersebut.

Kalau kamu sudah mempersiapkan tanggal acara mu, kamu juga bisa lebih leluasa dalam memilih vendor dari jauh hari.

3. Pastikan Budget Kamu!

Diskusikan maksimal budget yang akan dikeluarkan untuk biaya catering. Ini akan membantu kamu dalam memilih paket menu catering. Kamu juga tidak perlu takut akan over budget.

4. Survey Tempat Catering

Hal wajib yang kamu harus lakukan adalah survey. Survei secara langsung ke tempat catering. Jadi kamu bisa menghubungi pihak vendor catering untuk bertemu. Lalu, kamu bisa melakukan wawancara dengan pihak vendor.

Baca Juga  6 Rekomendasi Tempat Catering Paling Enak di Jakarta

5. Lihat Variasi Menu

Biasanya, vendor catering memiliki top menu atau menu andalan khas mereka. Kamu bisa memikirkan menu makanan yang akan disajikan dan mencocokannya dengan tema acara mu.

Vendor catering juga akan menyediakan paket buffet dengan jangkauan harga yang berbeda. Ada juga diantaranya yang bisa memadu-padankan paket atau menu yang tersedia.

6. Test Food

Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah Test Food. Vendor catering yang profesional akan memiliki jadwal food testing tersendiri. Test food juga akan membantu kamu dalam melihat kualitas makanan yang disajikan.

7. Perhatikan Kontrak

Pastikan vendor catering memiliki kredibilitas yang baik. Pastikan kontrak yang kamu buat dengan vendor catering yang kamu pilih memiliki term and condition yang jelas.

Bagaimana jika terjadi hal yang tidak diharapkan atau mendapatkan pelayanan buruk.

Pastikan dengan baik persiapan demi persiapan agar acaramu berjalan dengan lancar dan apabila membutuhkan vendor catering maka Kamu dapat memesannya disini, semoga bermanfaat.

Apa Anda Perlu Bantuan?