Konsep Foto Prewedding  – Kalau kamu berencana untuk menikah, pasti kurang lengkap rasanya tanpa sesi foto prewedding yang bikin kamu dan pasanganmu terlihat lebih kompak. Semua pasangan pasti selalu ingin mengabadikan foto yang indah dan lucu untuk melengkapi hari paling bahagianya.

Kenapa sesi foto prewedding dianggap penting dan istimewa? Saat prewedding, sebuah foto dapat menceritakan kisah kamu dengan pasanganmu. Emosi satu sama lain juga dapat diabadikan di dalam foto tersebut.

konsep prewedding

Inspirasi 4 Konsep Foto Prewedding 

Nah, kalau dihitung-hitung, biaya untuk catering, make up, dan vendor lainnya saja sudah cukup menggocek dompetmu. Makannya kita harus selektif dalam memilih vendor foto prewedding dan juga kita harus memiliki gambaran seperti apa konsep yang kita mau.

Kamu bisa memilih konsep simple dan memakai alat-alat dan tempat yang ada di sekitarmu.

1. Konsep Foto Prewedding Tema Casual

Oke, jadi ketika kamu memilih konsep foto prewedding gaya kasual ini, kamu tidak akan berpusing ria dengan masalah kostum dan make up. Karena tema casual merupakan tema yang santai. Kamu bisa mengonsepkan foto dengan menggunakan kaos ditambah jaket denim bersama pasanganmu.

Pilih tempat umum seperti di outdoor agar kamu juga bisa menghemat budget penyewaan tempat. Contohnya, kamu bisa membuat foto pre-wedding dengan konsep mengenang masa-masa pacaran.

Kamu bisa memilih tempat seperti di tempat makan kaki lima yang memiliki sejarah dan kamu bisa berfoto candid di situ dengan menggunakan pakaian sehari-hari dan make up ala kadarnya untuk merepresentasikan foto sejarah mu dengan pasanganmu yang penuh makna.

Kamu juga bisa menggunakan konsep studio. Ada banyak vendor photography yang juga menyediakan studio foto. Kalo kamu menggunakan konsep gaya kasual ini, kemungkinan kamu akan dikenai harga paket prewedding berkisar 3 jutaan.

  1. Konsep Foto Prewedding Tema Indoor

Ketika kamu memilih indoor, kamu bisa mengonsepkan berbagai macam tema. Kamu bisa mengambil foto santai di ruang tamu rumah atau kamu juga bisa mengonsepkan kitchen time stories, kamu bisa  berpose ala ala masak atau bermain di dapur bersama pasanganmu.

Biasanya kamu bisa merogoh harga kisaran 2-4 jutaan untuk tema foto indoor ini. Masing-masing tergantung apakah kamu juga akan memakai jasa kostum dan make up atau tidak.

Baca Juga  5 Kado Pernikahan Untuk Sahabat yang Bisa Jadi Inspirasi
  1. Konsep Foto Prewedding Tema Vintage Café

Kalau kamu pecinta tema vintage, kamu bisa menggunakan paket prewedding yang sudah menyediakan penyewaan tempat. Biasanya dengan konsep ini kamu juga akan mendapatkan jasa make up dan wardrobe. Kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar 6 jutaan.

Kalau kamu ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan wardrobe dan make up casual yang bisa kamu handle sendiri tanpa bantuan vendor. 

  1. Konsep Foto Prewedding Tema Barista

Nah kalau kamu dan pasangan kamu sama-sama pecinta kopi, atau mungkin salah satu dari kalian merupakan barista, kamu bisa banget memanfaatkannya untuk tema foto pre-wedding mu.

Kamu bisa menggunakan kostum barista dengan pasanganmu dan memotret momen bahagiamu sambil bermain peran sebagai barista. Dengan tema ini kamu hanya akan mengeluarkan badget kisaran 3-5 jutaan. Dengan harga ini kamu bisa menyiapkan riasanmu sendiri ya.

Selain itu, biasanya vendor juga akan menyediakan pilihan paket. Ada tema indoor dengan paket A, B, C, ada juga tema outdoor dengan paket A, B, C. Kisaran harga paket prewedding indoor mulai dari 900 ribu hingga 6 jutaan.

Kalau kamu memilih paket outdoor, kamu bisa dikenakan biaya mulai dari 600 ribu hingga 9 jutaan. Tergantung kamu memilih vendor foto studio dan tema. Ada juga vendor yang masih mematok harga murah sekitar 600 ribu – 1 jutaan tergantung dengan paket yang kamu ambil. Walaupun harganya lebih murah, hasilnya tetap memuaskan loh. Kamu harus pintar dan selektif ya!

Nah, lalu bagaimana dengan versi paket tanpa ada vendor make up dan wardrobe? Sebenarnya, dengan tema-tema casual seperti di atas kamu masih sangat bisa mengurus make up dan wardrobe mu sendiri. Kamu juga bisa mengetahui karakter make up mu seperti hari-hari biasa.

Tema casual tidak mengharuskan kamu untuk berhias secara glamor. Walaupun terkesan sederhana dan simple, kamu tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus karena tema dengan riasan dan busana yang senada.

Dengan tema-tema casual, kamu juga tidak direpotkan dengan kostum. Kalau kamu memilih kostum-kostum kasual seperti hari-hari biasa, kamu akan membidik fotomu dengan nyaman dan menyuguhkan cerita keseharian yang akan kamu lewati dengan pasanganmu nantinya. Lucu bukan?

Sebenarnya, jika kamu ingin lebih menghemat biaya foto pre-wedding, kamu bisa memesan jasa foto pre-wedding di jauh hari atau memesan saat sedang ada promo. Kamu juga bisa memilih tempat outdoor yang tidak menggunakan harga sewa alias gratis.

konsep prewedding casual

Rekomendasi Tempat Untuk Dijadikan Prewedding 

Rekomendasi tempat yang bisa kamu jadikan spot foto pre-wedding mu tanpa dipungut biaya di sekitar Jakarta. Catatan, kamu mungkin hanya membayar untuk tiket masuk ataupun jajan jajan di tempat kamu foto.

1. Kota Tua

Tempat seperti Kota Tua bisa membuat fotomu terlihat klasik dan bersejarah. Kamu hanya tinggal memilih spot lucu yang tidak berbayar dan menyerahkan kepada sang photographer tentang masalah angel, pencahayaan, dan teknik foto lainnya.

2. Taman Kota 2

Taman kota yang terletak di BSD City memang memiliki suasana hijau nan asri. Kalau kamu ingin tema foto pre-wedding mu bernuansa alam, ini bisa masuk ke daftar list tempat foto pre-wedding kamu dan pasanganmu.

Baca Juga  Wedding Organizer Adalah: Tugas dan 5 Keuntungannya

3. Café Instagramable

Kamu bisa memilih café-café mini di sekitarmu untuk tempat berfoto. Sebagian café tidak memungut biaya. Kamu hanya perlu menyiapkan dana untuk kamu jajan di café tersebut.

4. Pantai

Biasanya, ketika kamu foto di pantai, kamu hanya perlu membayar tiket masuk ke Kawasan pantai. Di pantai kamu juga bisa mengkonsepkan tema foto yang casual tapi penuh makna.

Kamu juga bisa memanfaatkan keadaan matahari. Apabila kamu menginginkan nuansa yang hangat, kamu bisa menunggu sunset atau datang lebih awal demi mendapatkan sunrise. Kalau di Jakarta, kamu bisa melakukan sesi foto di Kawasan Ancol atau Kepulauan Seribu.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa

Suasana Pelabuhan yang juga menyuguhkan biru laut dan langit ini sangat cocok untuk menjadi tempat kamu memotret sepenggal kisah dengan pasanganmu. 

Dengan berjejernya kapal besar, fotomu akan merepresentasikan kebesaran cintamu terhadap pasanganmu.  Foto mu juga akan mengandung sentuhan elegan tetapi tetap alami.

Adalah hal wajar ketika kamu berusaha untuk menekan pengeluaran mu untuk acara pernikahan.

Walaupun kamu berusaha untuk berhemat, tips di atas juga akan tetap mempertahankan kualitas dan hasil foto pre-wedding kamu. 

Yang terpenting adalah bagaimana kamu memanfaatkan momentum dan memvalidasi emosimu saat berfoto ria. Usahakan kamu tetap terlihat bahagia bersama pasanganmu dengan tema foto casual ini.