Catering  – Jasa boga atau yang lebih sering disebut dengan catering merupakan salah satu layanan yang sangat bermanfaat untuk menyelenggarakan acara. Bisnis ini pun semakin melebar di berbagai daerah di Indonesia karena semakin meningkatnya permintaan di masyarakat.

Hampir di setiap kota sangat mudah menemukan vendor catering. Pengertian catering bukan hanya bisnis yang melayani kebutuhan makanan pada saat acara pesta saja. Jika dilihat dari jenis-jenisnya ada begitu banyak manfaat yang didapatkan.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Catering

catering adalah

Istilah catering berasal dari kata kerja bahasa Inggris yaitu ‘’cater’’ yang artinya adalah menyediakan makanan dan minuman. Biasanya dilakukan pada saat acara perkumpulan yang disajikan secara profesional.

Menurut Purwanti Tj, dkk pengertian catering adalah bentuk usaha yang bergerak di bidang jasa yaitu menyediakan serta melayani permintaan makanan dalam berbagai kebutuhan.

Sjahmien Moehyi juga mengungkapkan bahwa catering adalah jenis usaha yang menyediakan makanan, di mana tempat memasak dan menghidangkannya berbeda. Makanan akan diangkut ke tempat lain agar bisa dihidangkan. Contohnya adalah tempat pesta, rapat atau kantin di perusahaan.

Jenis makanan yang disajikan pun berbagai seperti makanan kecil hingga makanan rantang. Sebenarnya catering sudah ada sejak tahun 1800-an namun kepopulerannya baru terjadi di tahun 2000-an.

Dilihat dari pengertian apa itu catering, maka jasa ini bisa dibagi ke dalam dua jenis sesuai dengan tujuannya. Pertama adalah jasa yang tujuannya adalah mendapatkan keuntungan atau komersial. Usaha catering ini dijalankan untuk mendapatkan keuntungan berupa uang dan ada begitu banyak yang bisnis dengan tujuan ini.

Kedua adalah jasa catering yang tujuannya bukan karena uang melainkan memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya saja catering untuk rumah sakit atau panti jompo. Ketika seseorang ingin menyelenggarakan sebuah acara, maka jenis catering yang pertama adalah yang harus dipilih.

Manfaat Menggunakan Jasa Catering

Manfaat Menggunakan Jasa Catering

Tidak selamanya acara yang diselenggarakan bisa dipenuhi kebutuhannya secara lengkap sendiri seperti konsumsi. Bagi masyarakat di pedesaan ketika salah satu warganya mengadakan hajatan biasanya tetangga akan membantu memasak. Konsumsi pada saat acara pun bisa terpenuhi, namun sayangnya penyelenggara acara tak bisa menikmati acara yang mereka selenggarakan.

Berbeda dengan masyarakat di perkotaan yang lebih memilih menggunakan catering. Karena catering adalah solusi praktis agar acara bisa berjalan lancar dan penyelenggara pun bisa menikmati acara.

Belum lagi jenis acara sangat beragam. Ini adalah salah satu contoh manfaat menggunakan jasa catering, kini perlahan tapi pasti juga mulai dimanfaatkan oleh masyarakat di pedesaan. Ada beberapa manfaat menggunakan catering lainnya selain praktis yaitu :

1. Menghemat waktu dan tenaga

Banyak orang bisa memasak, tetapi belum tentu tenaganya mampu menciptakan berbagai jenis masakan jumlah banyak dengan waktu terbatas. Inilah yang akan diselesaikan oleh jasa catering, karena makanan akan ditangani oleh koki. Jumlah tenaga masak pun akan tercukupi sehingga tak perlu lagi memanggil banyak orang untuk ikuti memasak.

Itu artinya waktu memasak lebih cepat dan tidak perlu memikirkan soal tenaga lagi. Bahkan pada saat acara berlangsung pihak catering juga menyediakan staf server. Supaya kebutuhan para tamu akan makanan bisa tercukupi hingga akhir acara.

Baca Juga  Snack Sore untuk Meeting Paling Recommended, Pesan Disini

2. Menghemat biaya

Banyak yang masih takut memilih catering untuk acara pernikahan mereka atau hajatan pribadi lainnya. Alasannya karena takut biaya yang mahal. Pada kenyataannya kini sudah banyak catering yang menawarkan paket murah untuk beragam jenis acara.

Pemilik acara tinggal menyebutkan budget yang dimiliki dan menentukan berapa jumlah tamu undangannya. Biaya yang dikeluarkan pun sudah murah karena dalam satu paket sudah termasuk aneka jenis makanan, peralatan makan dan staf waiter.

3. Acara berjalan lebih baik

Menyelenggarakan acara dengan konsumsi yang dipersiapkan sendiri? Artinya koordinasi harus dijalankan dengan baik. Namun jika tidak berpengalaman justru yang terjadi adalah sebaliknya. Seperti makanan di atas meja buffet yang terus-terusan habis, kekurangan staf waiter atau rasa masakan yang tidak konsisten.

Jasa catering akan menjaga itu semua sehingga acara akan berjalan dengan lancar. Penyelenggara acara dan tamu undangan pasti akan merasa berkesan.

Jenis-Jenis Catering Sesuai Cara Penyajiannya

Jenis-Jenis Catering

Ada begitu banyak acara maka ada beberapa jenis catering pula. Satu perusahaan catering mungkin akan merangkap beberapa jenis penyajian. Tetapi ada pula catering yang fokus untuk satu penyajian saja, semua tergantung fokus masing-masing.

Ada beberapa Jenis catering sesuai dengan cara penyajiannya yaitu sebagai berikut:

1.Catering Nasi Kotak

Jenis yang pertama ini adalah pilihan paling murah meriah karena disajikan dalam box kotak bisa dari kardus, plastik atau tempat makan aman lainnya. Acara yang biasanya menggunakan catering nasi kotak juga sangat luas dari acara formal hingga informal.

Sajian dalam nasi kotak juga sangat lengkap dari nasi, sayur, lauk pauk hingga buah. Banyak yang memilih catering ini karena harganya yang bervariasi dan paling murah. Porsi yang dihidangkan pun pas untuk satu orang.

2. Catering Prasmanan

Beberapa acara formal biasanya lebih memilih menggunakan catering prasmanan yaitu penyajiannya di atas meja buffet. Hidangan yang tersedia juga sangat lengkap, kelebihannya adalah tamu undangan bisa memilih makanan apa yang mereka sukai. Tamu juga bisa menentukan seberapa banyak porsi yang diinginkan.

Catering prasmanan paling sering dipilih untuk acara pernikahan, kantor hingga seminar atau workshop. Karena konsepnya prasmanan, maka dibutuhkan ruang yang cukup luas untuk menyajikan makanan di atas meja buffet. Tamu pun harus mengantri untuk mengambil makanan.

3. Self Service Catering

Ada juga model self service catering di mana catering hanya memberikan makanan saja tanpa perangkat penyajian. Biasanya diadakan untuk acara yang skalanya lebih kecil seperti meeting kantor, acara ulang tahun, atau selamatan rumah baru.

Biayanya tentu lebih murah dibandingkan catering prasmanan, namun penyelenggara acara harus menyediakan peralatan makan dan tempat saji sendiri. Pihak catering juga tidak memberikan staf waiter untuk membantu terselenggaranya acara.

Baca Juga  8 Tips Mendapatkan Vendor Catering Jakarta untuk Kantoran

4. Private Catering

Apa yang dimaksud dengan privater catering adalah penyajian makanan ala carte. Mulai dari makanan pembuka, utama dan hidangan penutup akan disajikan satu per satu. Catering jenis ini biasanya dipilih untuk acara yang sangat formal dan biayanya yang paling mahal.

5. Catering Piring Terbang

Acara pernikahan dengan makanan piring terbang pasti sudah tidak asing lagi. Gaya penyajian ini sudah ada sejak tahun 1980 dan hingga kini masih terus dipilih karena lebih murah. Biasanya digunakan untuk acara-acara pernikahan di mana waiter akan mengantarkan makanan di atas piring yang isinya lengkap.

Penyajiannya mirip seperti nasi box hanya saja makanan diletakkan di atas piring bukan dikemas dalam dus. Jika ruang hajatan tidak terlalu besar, catering piring terbang sebaiknya dipilih karena lebih hemat ruang.

6. Catering Harian

Sesuai dengan namanya, catering harian ini menyediakan makanan setiap hari sesuai dengan kebutuhan bisa untuk perorangan atau kelompok. Tujuannya adalah memudahkan masyarakat yang sibuk untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Menu yang dipilih biasanya paket untuk mingguan atau bulanan, bisa disajikan sehari sekali, dua kali atau tiga kali. Tak hanya orang dewasa, catering harian juga tersedia paket untuk anak-anak yang disesuaikan dengan jenis menunya. Ada juga catering harian diet jika ingin mengikuti program menurunkan berat badan.

Contoh Menu Makanan Catering Sesuai Jenis Acara

Contoh Menu Makanan Catering Sesuai Jenis Acara

Menu makanan pada catering berbeda-beda sesuai dengan jenis acara yang diselenggarakan. Menu makanan untuk acara ulang tahun anak-anak pastinya berbeda dengan ulang tahun kantor. Berikut ini contoh menu catering.

1. Acara Kerja

Menu catering untuk berbagai acara kerja di kantor, instruksi atau pabrik biasanya dipilih yang praktis. Paling cocok menggunakan penyajian nasi box atau paket snack box sesuai lama acara.

Contoh menunya sangat bervariasi seperti nasi putih, olahan ikan atau ayam, sayuran yang ditumis, serta buah. Untuk menu snack bisa memilih aneka jajanan pasar.

2. Acara Pernikahan

Menu pada acara pernikahan tergolong lebih mewah, bisa memilih catering prasmanan, piringan, atau private catering sesuai dengan jumlah tamu dan budget. Contoh menu yang dihidangkan bisa berupa nasi goreng, aneka sup, masakan daging, ayam dan ikan, buah potong, puding dan ice cream.

Baca Juga  Catering Service Jakarta Profesional, Ini Tips Mencarinya

3. Acara Pribadi

Khusus untuk acara pribadi biasanya skalanya lebih kecil dan menunya hampir mirip dengan acara pernikahan. Self catering atau privat catering bisa dipilih dengan pilihan menu aneka sup, snack, aneka beverages dan menu utama bisa berupa masakan Chinese, Western atau Nusantara.

4. Program Diet

Diet juga merupakan bagian dari catering yang tak bisa dilupakan. Biasanya program diet menggunakan jasa catering harian dengan menu makanan sehat. Menu makanan ini disesuaikan dengan program diet, contohnya menu diet mayo yaitu makanan yang diolah tanpa garam.

Catering adalah jasa yang kini semakin banyak dibutuhkan dan membuat beban penyelenggara acara menjadi lebih ringan. Terlebih sudah banyak pilihan menu makanan yang sangat beragam.