Bridesmaid Adalah –  Sebuah acara pesta pernikahan yang sangat spesial tentunya akan dihadiri oleh banyak tamu undangan penting terdekat bagi kedua pengantin dan keluarga.

Banyak pula orang – orang yang akan membantu acara pesta pernikahan, mulai dari persiapan, jalannya rangkaian acara hingga sampai selesai. Acara pesta pernikahan juga akan lebih dimeriahkan dengan kehadiran bridesmaid dan groomsmen.

Kehadiran groomsmen dan bridesmaid adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh kedua pengantin, baik pengantin wanita maupun pengantin pria. Saat ini banyak tren pada acara pesta pernikahan dengan menghadirkan bridesmaid dan groomsmen.

Keduanya adalah pengiring kedua pengantin pada seluruh rangkaian acara pernikahan. Namun untuk kali ini, akan lebih membahas mengenai bridesmaid. Yuk intip penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Bridesmaid

Apa Itu Bridesmaid?

Bridesmaid adalah pengiring atau pendamping terutama untuk pengantin wanita. Hadirnya bridesmaid ini untuk membantu calon pengantin wanita selama mempersiapkan dan pada hari H acara pernikahan tersebut.

Jumlah dari bridesmaid adalah bermacam – macam tergantung oleh para pengantin. Dapat dalam jumlah yang ganjil ataupun genap.

Baca Juga  Inspirasi 4 Konsep Foto Prewedding dan Harga Paketnya

Orang – orang yang terpilih menjadi bridesmaid adalah dari teman atau kerabat terdekat, dapat juga merupakan saudara bahkan kakak atau adik dari pengantin wanita.

Bridesmaid adalah

Tren Bridesmaid

Di zaman serba milenial ini, tradisi dalam acara pesta pernikahan ini menghadirkan pendamping untuk para pengantin wanita dan pria. Mereka ini disebut dengan panggilan bridesmaid dan groomsmen.

Hal ini bermula dengan adanya tren dari negara Barat yang menjadikan sahabat atau kerabatnya menjadi bridesmaid dan groomsmen. Lalu belakangan ini fenomena atau tren bridesmaid adalah sesuatu yang mulai marak di Indonesia ini. Sebenarnya di Indonesia sendiri khususnya di adat Jawa terdapat posisi yang disebut dengan nama pagar ayu.

Pagar ayu disini memiliki beberapa tugas yang hampir sama dengan bridesmaid adalah seperti menjadi pembawa bunga, menjadi pengiring pengantin saat memasuki venue atau ke pelaminan. Pagar ayu juga bertugas menjadi among tamu.

Selain itu, tugas bridesmaid adalah untuk menemani atau menjadi pendamping pengantin wanita dari jauh – jauh hari menuju acara pernikahan. Sehingga tugas dari bridesmaid tidak hanya sekedar tugas dari posisi pagar ayu.

Bridesmaid adalah orang – orang yang akan diberikan kain atau gaun tersendiri yang akan seragam dengan bridesmaid lainnya. Calon pengantin wanita akan memberikan bridesmaid box / bridesmaid hampers yang umumnya berisi baju dan juga aksesoris untuk menunjang penampilan para bridesmaid pada hari pernikahannya nanti.

Tak hanya itu terdapat pula barang – barang bermanfaat lainnya yang bisa digunakan oleh para bridesmaid adalah seperti make up, cermin dan lainnya.

Tugas Bridesmaid

Tugas Bridesmaid

1.  Membantu Pengantin dalam Persiapan

Tugas pertama dari bridesmaid adalah untuk membantu calon pengantin wanita dalam mempersiapkan acara pesta pernikahan. bridesmaid ini akan menemani calon pengantin wanita dalam memilih, membeli dan menyiapkan segala hal untuk acara pesta pernikahan.

Bridesmaid adalah orang yang terpilih untuk menjadi teman dalam memilih sepatu, fitting gaun pernikahan, mencari make up artist, menyiapkan souvenir pernikahan, membuat Bridal Shower.

Serta membantu untuk berkoordinasi dengan tim Wedding Organizer dari awal persiapan karena hal ini termasuk sebagai tugas dari bridesmaid. Dengan kata lain bridesmaid adalah asisten pribadi bagi pengantin wanita.

2.  Membuat Acara Bridal Shower

Seperti yang dikatakan di atas, tugas dari bridesmaid adalah untuk membuat acara Bridal Shower. Dimana acara Bridal Shower ini adalah selebrasi yang merupakan sebuah hadiah dari teman atau sahabat terdekat dari calon pengantin wanita.

Bridal Shower ini adalah sebuah perayaan atau pesta kecil – kecilan yang diadakan untuk calon pengantin wanita sebelum melepas masa lajangnya. Acara ini biasanya akan diadakan oleh para sahabat dari calon pengantin wanita.

Banyak pula event / wedding organizer yang menawarkan paket Bridal Shower yang bisa disewa.

Baca Juga  5 Kado Pernikahan Untuk Sahabat yang Bisa Jadi Inspirasi

3.  Menjadi Pendengar dan Teman Curhat

Tugas kali ini yang dilakukan oleh bridesmaid adalah menjadi pendengar yang baik dan juga teman curhat bagi calon pengantin wanita. Hal ini dikarenakan bridesmaid sendiri adalah orang – orang terdekat dari calon mempelai.

Bridesmaid adalah orang yang membantu calon pengantin wanita dalam mempersiapkan segala hal untuk acara pesta pernikahannya nanti, maka tidak heran bahwa bridesmaid harus mendengarkan keluh kesah dari segala problem yang terjadi.

Sebagai sahabat sekaligus bridesmaid calon pengantin wanita, tentunya kamu harus menjadi pendengar yang baik dan menjadi teman yang siap 24/7 untuk mendengarkan curhatan calon pengantin wanita pada hari – hari menuju hari pernikahannya.

4.  Memperhatikan Pengantin Wanita di Hari H

Selanjutnya tugas dari bridesmaid adalah untuk memperhatikan pengantin khususnya pengantin wanita pada hari acara pesta pernikahan. Maksud dari memperhatikan disini adalah para bridesmaid yang akan menjaga dan memastikan keadaan pengantin.

Tugas bridesmaid adalah untuk menjaga barang berharga atau barang penting dari pengantin wanita seperti handphone dan dompet yang sekiranya diperlukan nantinya. Hal ini dikarenakan venue pernikahan tentunya besar dan banyak tamu undangan yang hadir sehingga perlu adanya penjagaan.

Selain itu, bridesmaid adalah orang yang harus memperhatikan pengantin terutama pengantin wanita apakah ia perlu minum atau makan. bridesmaid adalah orang yang perlu memastikan bahwa kedua pengantin tidak kelaparan.

Riasan serta gaun pengantin wanita pun harus diperhatikan oleh bridesmaid. Sebagai bridesmaid, kamu bisa sesekali mengecek dan memperbaiki riasan dari pengantin wanita saat berada di atas pelaminan.

Itu dia penjelasan dari bridesmaid adalah pendamping pengantin wanita. Kamu akan lebih terbantu dengan adanya bridesmaids ini, namun kamu juga dapat menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi yang sekiranya terjadi pada perjalanan menuju hari pernikahanmu.